Informasi Umum

Perkembangan program studi Teknologi Pendidikan dimulai tahun 1965 dengan adanya jurusan Didaktik Kurikulum. Jurusan Didaktik Kurikulum berubah menjadi jurusan Pendidikan Umum, kemudian pada tahun 1970 kembali menjadi Didaktik Kurikulum. Pada tahun 1981 jurusan ini berubah kembali menjadi Pendidikan Umum. Terakhir sejak tahun 1984 ditetapkan Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dengan satu program studi yaitu Pengembangan Kurikulum melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen  Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 56/DIKTI/1984 tentang Jenis dan Jumlah Program Studi di Setiap Jurusan Pada Fakultas di Lingkungan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang.

Tahun 1986 prodi pengembangan kurikulum passing out dan selanjutnya tahun 1999 ditetapkan bahwa jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan memiliki satu prodi yaitu prodi Teknologi Pendidikan.Tahun 2009 Prodi Teknologi Pendidikan memiliki tiga konsentrasi yaitu Pengembang Teknologi Pembelajaran, Pengembang Kurikulum dan Pendidik Bidang Multimedia dan Teknologi Informasi Komunikasi. Pada tahun 2019, kembali Prodi Teknologi Pendidikan menetapkan tidak membagi konsentrasi namun lebih kepada pemilihan keminatan. Lulusan Prodi Teknologi Pendidikan diberikan gelar akademik S.Pd. (Sarjana Pendidikan), merujuk Surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 0404/E3.2/2015 Perihal Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serta Gelar Lulusan Perguruan Tinggi. 

Fokus dari prodi ini adalah menghasilkan teknolog pendidikan/ pembelajaran (perancang, pengembang, pengelola, dan penilai pembelajaran di berbagai jalur, jenis, dan jenjang serta bentuk pendidikan), dengan kompetensi tambahan sebagai perekayasa kurikulum, pengajar (guru, instruktur, fasilitator, tutor, widyaiswara, pelatih), dan peneliti dalam bidang keilmuan kurikulum, pembelajaran, dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).